Selamat datang di Laporan Keberlanjutan pertama kami. Mulai tahun 2011 kami berkomitmen untuk menerbitkan Laporan Keberlanjutan yang akan kami terbitkan secara rutin setiap dua tahun sekali, terpisah dari Laporan Tahunan kami. Laporan pertama yang mencakup periode waktu hingga akhir tahun 2011 menggambarkan kinerja Bakrieland berkaitan dengan konsep usaha yang berkelanjutan, dengan memberikan laporan konsolidasi dari aktivitas kami yang berlandaskan tiga pilar keberlanjutan Bakrieland yaitu ekonomi, sosial, dan lingkungan. Namun kami menyadari konsep dan pratik keberlanjutan yang saat ini kami implementasikan harus patuh terhadap hukum dan peraturan yang berlaku dan wajib untuk terus menerus kami perbaiki. Maka kami menyebutnya sebagai pilar keberlanjutan yang ke empat, yaitu: mengadopsi praktik terbaik dan kepatuhan yang kami sebut sebagai tiga pilar+ keberlanjutan Bakrieland.

Keempat pilar keberlanjutan Bakrieland kami bagi menjadi komitmen dan target yang ingin kami capai sebagai perusahaan yang berkelanjutan. Komitmen dan target ini dirangkum dalam sebuah Commitment Card. Untuk melengkapi Laporan Keberlanjutan yang kami terbitkan dua tahunan mulai tahun 2011, Commitment Card tersebut akan diterbitkan setiap tahun yang dilampirkan dalam Laporan Tahunan kami.

Kami percaya bahwa keberlanjutan adalah sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir. Kami berusaha keras untuk menjalankan usaha dengan cara-cara yang turut menjaga planet, rumah kita. Adalah gabungan dari rasa hormat dan tindakan positif terhadap planet ini dan manusianya yang membuat Bakrieland unik. Oleh karena itu, kami memberikan nilai-nilai yang mungkin tidak seluruhnya dapat terukur, dari laba usaha yang kami hasilkan agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia dan masyarakat dunia.

Sejalan dengan perkembangan usaha, jenis dan cakupan pelayanan kami semakin beragam dan luas. Oleh karenanya, kami percaya bahwa masyarakat, pelanggan dan mitra ingin memperoleh manfaat dari hubungan yang kokoh dan berkelanjutan. Keterlibatan para pemangku kepentingan merupakan hal penting bagi kesuksesan kami di saat ini dan untuk di masa yang akan datang. Komunikasi yang efektif dan rutin dengan seluruh pemangku kepentingan akan selalu kami jaga.

Selanjutnya kami terus mengintegrasikan makna dari kata? keberlanjutan? ke dalam setiap aspek bisnis dan mencoba melakukan perubahan-perubahan setiap hari yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat luas dan berkontribusi kepada pertumbuhan ekonomi serta menciptakan lingkungan yang lebih hijau.

Laporan Keberlanjutan ini kami susun dan kembangkan sesuai dengan standar internasional yang terdapat dalam Global Reporting Initiative (GRI), sebagai pedoman untuk menentukan hal-hal yang senantiasa perlu kami kembangkan. Laporan Keberlanjutan tahun 2011 kami ini disiapkan sesuai dengan tingkat aplikasi GRI level B yang sudah diverikasi oleh pihak ketiga independen, National Center for Sustainability Reporting (NCSR) Indonesia. Sebagai pedoman perhitungan, asumsi dan konversi data-data kuantitatif, khususnya data-data lingkungan dan emisi karbon, kami menggunakan acuan standar konversi energi dan emisi karbon dari Enviromental Protection Agency (EPA), World Wildlife Fund (WWF), dan Bank Dunia.