Tentang Manusianya

Keterlibatan sumber daya manusia dan interaksi sosial merupakan elemen kunci dari strategi pengembangan bisnis Bakrieland. Dalam rangka mencapai kinerja yang maksimal, kami selalu mengutamakan optimalisasi kapasitas secara tepat melalui pengembangan kompetensi, menerima keberagaman yang ada dan komunikasi sosial secara dua arah. Di Bakrieland, kami bekerja dengan saling menghormati hak asasi manusia dan budaya sebagai suatu keharusan dalam sistem kami. Semua hal itu merupakan modal kami untuk menghadapi berbagai tantangan yang tentunya beragam sebagaimana Bakrieland menghadapi situasi yang dinamis di seluruh unit usaha.





Pengembangan Kapasitas Karyawan

Bakrieland berkomitmen untuk terus mengembangkan sumber daya manusia agar mampu bertahan dan bersaing di tengah pergerakan dunia bisnis yang begitu cepat berubah, termasuk di sektor industri kami beroperasi yaitu properti dan real estat. Kami menyadari bahwa untuk menjadi yang terunggul, salah satu kuncinya terletak pada ketersediaan sumber daya manusia yang kompeten, tangguh, profesional dan beretika tinggi dalam setiap aktivitasnya.

Praktik-praktik Ketenagakerjaan dan Kepegawaian Bakrieland

Hak-hak Karyawan

Seluruh karyawan Bakrieland dijamin mendapatkan hak yang sama tanpa membedakan jenis kelamin, perbedaan keyakinan ataupun ras. Keadilan ini kami terapkan dalam hal keselamatan, kesehatan, peluang karir, pelatihan dan pengembangan, rotasi dan mutasi, menduduki jabatan tertentu di Bakrieland, serta tunjangan (benefit) yang kami tawarkan. Seluruh kontraktor dan pemasok yang terlibat kerja sama dengan Bakrieland diwajibkan untuk mematuhi peraturan ketenagakerjaan dan standar keselamatan, kesehatan dan hak asasi manusia yang telah kami tetapkan, sebagaimana tertuang dalam setiap klausul perjanjian kontrak kerja sama antara kontraktor atau pemasok, sehingga hak-hak karyawan setiap perusahaan rekanan tersebut juga akan terlindungi.

Komitmen Kami Terhadap Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Bakrieland senantiasa berupaya untuk menerapkan standar keselamatan dan kesehatan kerja yang terakreditasi sesuai standar nasional dan internasional. Di samping itu, kami juga melakukan penilaian-penilaian yang penerapannya dilakukan secara berkala, memperhatikan dan menjaga kesehatan karyawan, melengkapi karyawan dengan prosedur dan peralatan kerja yang memadai dan sesuai standar keamanan dan keselamatan di tempat kerja, disertai pelatihan rutin untuk menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan bebas dari kecelakaan kerja.

Kami berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan dan keselamatan karyawan. Untuk itu kami memberlakukan berbagai aturan untuk mencapai tujuan tersebut. Kami mengidentifikasi 11 tipe pekerjaan yang memiliki potensi risiko fatal, serta meninjau ulang standar, petunjuk pelaksanaan kerja, kriteria audit dan pelatihan kerja berdasarkan OHSAS 18000 guna mempertahankan kinerja operasi yang nihil kecelakaan.

Hidup Berdampingan dengan Masyarakat

Kami menyadari bahwa perusahaan kami adalah bagian tak terpisahkan dari masyarakat. Oleh karenanya Bakrieland memiliki tanggung jawab untuk memberdayakan dan mengembangkan masyarakat setempat dan lingkungan sekitar daerah operasi kami. Tanggung jawab tersebut tercermin melalui berbagai inisiatif ekonomi, sosial dan lingkungan hidup dalam upaya memberikan manfaat sebanyak-banyaknya menuju pertumbuhan yang berkesinambungan.

Kelompok Usaha Bakrie (KUB) telah melakukan Gerakan Bakrie Untuk Negeri (BUN) yang menjadi payung dari seluruh kegiatan tanggung jawab sosial perusahaan, termasuk Bakrieland. Hal tersebut membuktikan bahwa kegiatan sosial telah melekat pada operasional Bakrieland jauh sebelum UU No. 40/2007 tentang Perseroan Terbatas terbit dan konsep Tanggung Jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR).

Komitmen Bakrieland dalam menjalankan kegiatan CSR yang memadukan kepentingan ekonomi (profit) dengan kepentingan sosial (people) dan partisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan (planet) pada operasional bisnisnya, diyakini akan memberikan kontribusi dan nilai tambah positif bagi pertumbuhan Perusahaan yang berkelanjutan serta menempatkannya dalam jajaran warga korporasi yang memiliki reputasi dan tata kelola perusahaan yang baik.

Bakrieland menyadari bahwa seluruh aktivitasnya dapat memberikan dampak baik secara ekonomi, sosial, maupun lingkungan bagi masyarakat yang tinggal di sekitar area-area proyek kami beroperasi. Oleh sebab itu sebelum memulai suatu proyek baru, Bakrieland selalu memikirkan dan mempersiapkan manfaat yang dapat diberikan kepada masyarakat di sekitar wilayah kerja dan operasionalnya. Kegiatan CSR yang dilaksanakan Bakrieland mencerminkan tanggung jawab moralnya terhadap para pemangku kepentingan strategis, yang akan tetap dijunjung dengan atau tanpa adanya aturan hukum.

Menyejahterakan Masyarakat dan Lingkungan Sekitar

Program Kampung Makmur

Program Kampung Makmur merupakan program yang disusun untuk membangun kemandirian individu dan komunitas yang berkelanjutan melalui pemberdayaan ekonomi. Program ini diluncurkan di kawasan Rasuna Epicentrum melalui kemitraan dengan Tim Penggerak PKK Kelurahan Menteng Atas. Beberapa aktivitas dalam Program Kampung Makmur yang saat ini berjalan adalah penanaman tanaman obat keluarga (TOGA) dan tanaman hias dan pembibitan ikan lele dan lobster.


Donasi Hewan Kurban

Bakrieland secara rutin berpartisipasi dalam pemberian hewan kurban. Untuk tahun ini, dalam rangka memperingati hari raya Idul Adha 1432 H, Bakrieland dan unit usaha memberikan 10 ekor sapi dan 48 ekor kambing untuk dibagikan kepada masyarakat sekitar Wisma Bakrie dan properti Bakrieland lainnya.